Oleh: moulthe13th | Maret 26, 2010

10 golongan makanan sampah (junk food) yang diumumkan WHO

1. Makanan gorengan
Golongan makanan ini kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak/minyak dan oksidanya tinggi.
Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, mengakibatkan hyperlipitdema dan sakit jantung korener. Dalam prosese menggoreng sering terjadi bnayak zat karsiogenik, hal mana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengkonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak / sedikit mengkonsumsi makanan gorengan.

2. Makanan kalengan
Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya hampirseluruhnya dirusak.
Terlebih dari itu kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat.
Nilai gizinya jauh berkurang. Sealain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pancreas. Bersamaan dengann tingginya kalori, dapat menyebabkan obesitas.

3. Makanan asinan
Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, hal mana dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas, menambah beban ginjal.

Bagi pengkonsumsi makanan asinan terbut, bahaya hipertensi dihasilkan. Terlebih pada proses pengasinan sering ditambahkan amonium nitrit yang menyebabkan peningkatan bahaya kanker hidung dan tenggorokan.

Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lender lambung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinu mengkonsumsi makanan asin radang lambung dan usus kemungkinan tinggi.

4. Makanan daging yang diproses (ham, sosis, dll)

Dalam makanan golongan tersebut mengandung garam nitrit dapat menyebabkan kanker, juga mengandung pengawet/pewarna dll yang memberatkan beban hati/hepar.

Dalam ham dsb kadar natriumnya tinngi, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan kerja ginjal.

5. Makanan dari daging berlemak dan jerohan

Walaupun makan ini mengandung protein yang baik, vitamin dan mineral tapi dalam daging berlemak dan jerohan mengandung lemak jenuh dan kolestrol yang sudah divonis sebagai pencetus penyakit jantung. Makan jerohan binatang dalam jumlah banyak dan waktu lama dapat menyebabkan pernyakit jantung koroner dan tumor ganas (kanker usus besar), kanker payudara dll.

6. Olahan Keju

Sering mengkonsumsi olahan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga gula drah meninggu. Mengkonsumsi cake/kue keju bertelur menyebabkan kurang gairah makan. Konsumsi makanan berkadar lemak dan gula tinggi sering mengakibatkan pengosongan perut. Banyak kasus terjadinya hyperakiditas dan rasa terbakar.

7. Mi instant
Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, miskin vitamin, mineral. Kadar garam tinggi menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah dan mengandung trans lipid, memberatkan beban pembuluh darah jantung.

8. Makanan yang dipanggang/dibakar
Mengandung zat penyebab kanker.

9. Sajian manis beku.
Termasuk golongan ini ice cream, cake beku dll. Golongan ini punya 3 masalah karena mengandung mentega tinggi yang menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi mengurangi nafsu makan juga karena temperature rendah sehingga mempengaruhi usus.

10. Manisan kering
Mengandung garam nitrat.
Dalam tubuh bergabung dengan ammonium menghasilkan zat karsiogenik juga mengandung esen segai tambahan yang merusak hepar dan organ lain, mengandung garam tinggi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan memberatkan kerja ginjal.


Responses

  1. walah… itu kan favorit saya semua

  2. terus makan apa dong

  3. makasih tas infonya .. salam kenal ^_^

  4. Trus makanan yang sehat dan menyehatkan apa aja nich…??? Posting juga dong…

  5. hmmm,,jadi makan apa dunk??

  6. smuanya berbahaya, jadinya makan apa?????

  7. kalau gitu kita makan apa doong??

  8. makanan junkfood seperti ini yg justru jadi simbol gaul di indonesia

  9. tulisan yang bagus teman.. salam blogger..

    kunjung balik yah :
    http://programatujuh.wordpress.com/

    ada tulisan baru berjudul “Berkah Kegagalan” dan “Ayo Menulis”. mohon kritik dan sarannya, supaya tulisan ini menjadi lebih baik, trima kasih..

  10. hehee,,,,mi instan makan favorit saya tuh.

  11. Artikel ini bagus dan positif dan dapat dijadikan Informasi Utama pada setiap situs. Jadi disarankan jika tidak keberatan bagi penulisnya untuk blog yang mau mengutip bolehlah di izinkan.mohon jawaban via email saya.Thanks B4.

  12. Makasih buat infonya🙂

    Salam,

  13. Salam blogger. Artikelnya bagus.
    Kunjungi saya juga di
    http://hanumrachmawati.wordpress.com
    http://susukedelaimurni.wordpress.com

  14. mana sumber yang menyatakan bahwa daftar 10 makanan ini dirilis oleh WHO?

  15. nice info gan…thanx

    DOWNLOAD E-BOOK AKHRI ZAMAN GRATISS
    http://www.penuai.wordpress.com

  16. wah gorengan termasuk ya..

  17. Trimaksih bagus sekali.

  18. […] …!!! | Suzuki 2010 New Smash (titan?) !! | PREDIKSI SHIO&2D SGP-SABTU,27-03-2010 | 10 golongan makanan sampah (junk food) yang diumumkan WHO | AWAS dan waspada rasisme sepakbola indonesia ala – Erza Rahmawan!!! | SIGMA SABTU | Noi […]

  19. wah…saya sangay suka makan mie instan…

  20. nice info gan….heheh

  21. Saya sering bgt makan makanan diatas….
    Harus ganti menu nh… ^_^

    Thx infonya…

  22. Pertamaxx,.

  23. good info

  24. trus makan apa dong
    semuanya gw suka

  25. Info menarik bung..
    Gabung ke forum saya ya
    http://forum.Read-o.Com

    dan jangan lupa blogwalk ke
    http://lounge-article.Blogspot.Com

  26. makanan yang familiar di sisi kita semua, tapi justru masuk makanan sampah…

  27. wah… jadi bingung juga mo makan apa.😆

  28. Tengkyu infona… memang makanan sekarang…
    Sungguh…ter-la-lu… terlala…terlili… hehe.

  29. wuah.. terus aku makan apa..?

  30. ga mendidik nih

  31. Wah makanan yang enak semua deh yang bahaya, apa kita harus selalu makan tahu ama tempe aja ya?

  32. waduhhh yang enak-enak ternyata berbahaya..trima kasih atas infonya

  33. Saya tidak menyangka, ternyata banyak sekali tanggapan terhadap tulisan yg satu ini.

    Saya inginnya jawab satu-satu tapi kayaknya akan saya rangkum aja di sini

    Kalo masalah terus mau makan apa, saya kan juga buat tulisan 5 makanan terbaik menurut WHO, jadi ada solusinya.

    Memang susah sih, masalahnya kita sudah akrab dengan makanan-makanan tersebut selama bertahun-tahun. Tetapi seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa statiun televisi tentang bahayanya makanan-makanan di sekitar kita, saya hanya mencoba mengabarkan sebuah informasi yang sangat penting untuk kita semua. Tetapi masalah mau atau tidak saya kembalikan kepada masing-masing individu.

    Bagi yang ingin menyebarkan informasi ini di blog masing-masing silahkan saja, toh untuk kebaikan kita bersama.

    Terima kasih atas tanggapannya untuk tulisan ini
    Salam

    moulthe13th

  34. Hi2 padahal yang nomer satu dan tujuh itu tipikal makanan orang indonesia banget🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: