Oleh: moulthe13th | Juli 11, 2009

Eye-Based Pointing Device, Gerakkan mouse dengan mata anda

Menggerakkan mouse dengan mata??? mungkinkah?

Penggunaan komputer tentu tidak menjadi hal yang asing lagi bagi generasi saat ini. Hampir setiap orang membutuhkan computer untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari, atau hanya sekedar mencari hiburan. Dan tentu saja bagi pengguna computer, piranti penunjuk (mouse, touchpad, trackpad,dll) menjadi hal yang sangat penting dalam mengoperasikan computer tersebut. tentu bagi kita yang memiliki tubuh lengkap dan sehat tidaklah sulit menggunakan piranti penunjuk yang telah ada, tapi bagaimana bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik pada bagian lengan, mengalami cedera pada lengan, gangguan saraf lengan dan berbagai hal lainnya sehingga mereka tidak mampu untuk menggunakan piranti penunjuk tersebut?

Berdasarkan data statistik dari Depsos 2009 yang didapat, di indonesia saja dari 14 provinsi yang telah terdata ada sekitar ±850.000 penderita cacat tubuh di bagian lengannya, dan juga berdasarkan statistik WHO , di tahun2008 sekitar 8-10% dari populasi manusia di dunia menderita cacat. Walaupun telah ada undang-undang yang mengatur mengenai orang cacat, dalam kenyataannya mereka masih tersisihkan dari dunia kerja, karena keterbatasan mereka dianggap menghalangi mereka untuk berproduktif. Padahal kenyataannya adalah tidak, dibalik keterbatasan fisik mereka, mereka masih mempunyai kemampuan yan sama dengan orang-orang yang sehat tubuhnya. Dari masalah ini muncullah keinginan dari para penderita cacat untuk dapat memperoleh persamaan hak di berbagai bidang ,termasuk kemudahan dalam pengaksesan informasi yang bisa didapatkan melalui komputer dan internet.

Hal inilah yang menjadi dorongan bagi sekelompok alumni universitas Bina Nusantara untuk mengembangkan sebuah piranti penunjuk yang berbeda dari piranti penunjuk konvensional yang telah ada, yaitu Eye-B Pod yang merupakan singkatan dari Eye-Based Pointing Device (Piranti Penunjuk Berbasiskan gerakan Mata).

Alih-alih menggunakan tangan untuk mengoperasikan piranti penunjuk, mereka mencoba untuk memanfaatkan gerakan mata agar dapat mengendalikan kursor pada layar computer. Hal ini tentu dapat membantu mereka yang memiliki keterbatasan fisik terutama pada bagian lengan untuk dapat menggunakan computer dan memberikan kesempatan agar mereka dapat aktif terlibat dengan perkembangan dunia teknologi sekarang ini.

Software ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Computer Vision yang mana merupakan bagian dari kecerdasan buatan. Untuk bisa menggunakan piranti ini, user hanya perlu menggunakan sebuah webcam standard yang harus diletakkan tepat diatas layar monitor dan diarahkan ke pengguna.

Pengguna hanya perlu melirik ke bagian tertentu (atau dapat dibantu dengan gerakan kepala) yang ingin dilihat dan secara otomatis kursor akan bergerak menuju lokasi yang dilihat pengguna. Lalu bagaimana jika pengguna ingin melakukan klik seperti sama hal nya pada mouse biasa? Untuk melakukan ‘klik’ pengguna hanya perlu melakukan kedipan secara perlahan. Kedipan kiri untuk klik kiri dan kedipan kanan untuk klik kanan. Berkedip merupakan pola alami yang dialami oleh setiap manusia oleh karena itu kedipan kedua mata yang dilakukan secara singkat/reflek dan bersamaan tidak akan dianggap sebagai proses ‘klik’.

Eye-B Pod juga dapat meningkatkan efisiensi dalam menggunakan computer,karena pengguna tidak perlu terlalu bergantung pada mouse konvensional, seraya menggunakan gerakan mata. Pengguna tetap dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti menulis,menggambar,minum kopi selagi membaca atau melakukan operasi lainnya denngan komputer

Lalu adakah kelebihan lainnya??? Eye-B Pod hanya membutuhkan sebuah webcam standar!! Selain nantinya setelah setelah selesai dikembangkan, software ini akan dijual dengan harga yang sangat murah agar bisa dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat. Dan tentunya sebagai pengabdian kepada para penyandang cacat, software ini juga akan diberikan secara gratis kepada para penyandang cacat yang memerlukannya.

Saat ini software masih dalam tahap Research and development. Untuk kedepannya Eye-B Pod akan dikembangan dengan ditambahkan modul voice recognition (pengenalan suara) sehingga pengguna tidak lagi memerlukan tangan untuk pengoperasian computer. Perangkat ini akan sangat membantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Karya ini telah lolos penjurian tahap II dan menjadi nominasi INAICTA (Indonesia ICT Award) 2009 pada tanggal 5 Juli 2009 kemarin.
“Kami berharap karya ini dapat dimanfaatkan dan menjadi teknologi tepat guna khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik sehingga akan terbuka kesempatan besar agar mereka bisa berproduktif secara optimal dan memperoleh persamaan hak di berbagai bidang kehidupan ” ujar dari salah anggota tim pembuat Eye-B Pod

Team Eye-B Pod
Alumni Binus – Sub Artificial Intelligence ’09 : Stanley Audrey,Josephine Klara,Victor Kurnia
Pembimbing : Bapak Diaz Santika & Ibu Jurike Moniaga

Karya ini sudah dipatentkan ^_^ jd kalo yang mau niru harap hati2 ya ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: